Bahan Ajar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                        : SMP Negeri 1 Semen
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII / Ganjil
         Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan  menanyakan jati diri.
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit


A.    Kompetensi Inti

KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
 KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.

KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.4 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4  Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator (KI-3):
·         Mengidentifikasi ungkapan memaparkan dan menanyakan jati diri.

Indikator (KI-4):
·         Menyusun ungkapan untuk memaparkan dan menanyakan jati diri.
·         Menggunakan unsur kebahasaan ( intonasi, ucapan dan tekanan kata ) yang benar ketika memaparkan dan menanyakan jati diri.


C. Tujuan Pembelajaran
Ø  Sikap
Siswa terbiasa berperilaku  percaya diri dan bertanggung jawab dalam  mengidentifikasi ungkapan memaparkan dan menanyakan jati diri.

Ø  Pengetahuan
Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan memaparkan dan menanyakan jati diri.

Ø  Keterampilan
·         Siswa dapat menyusun ungkapan memaparkan dan menanyakan jati diri.
·         Siswa dapat mempraktekkan ungkapan memaparkan dan menanyakan jati diri, menggunakan unsur kebahasaan ( intonasi, ucapan dan tekanan kata ) yang benar.
D. Materi Pembelajaran
Fungsi sosial
Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk menjalin hubungan antar pribadi dengan guru dan teman
 Struktur teks
a.       My name is Arif, a-r-i-f. My father is Mr. Zainal. How do you  spell your name? Who is she? I have two sisters, Siska and Muti. Is she your friend? dan seterusnya
b.      My dad is a nurse? He helps the doctors. His father is a gardener. She is the janitor, and she cleans the classrooms., dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1)  Nama status hubungan keluarga dan kekerabatan
(2)  Nama profesi pekerjaan.
(3)  Kata tanya Who? Which? How?
(4)  Kata ganti I, you, we, she, it, they, we. dan seterusnya.
(5)  Kata ganti my, your, our, her, their, his, dan seterusnya.
(6)  Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, work, live, dan sebagainya.
(7)  Penyebutan kata benda singular dan plural (-s), dan children
(8)  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
E. Metode Pembelajaran
1.      Scientific approach
2.      Tanya jawab
3.      Role Play
4.      Project based learning

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·         Media               : Gambar
·         Sumber belajar : Buku teks “When English Rings the Bell”

G. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
a.       Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru.
b.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
·         Siswa mengamati gambar yang ditunjukkan oleh guru.
·         Siswa mengamati teks  memaparkan jati diri orang disekitar kita.
·         Siswa mengidentifikasi ciri-ciri memaparkan jati diri orang disekitar kita.
Menanya
·         Dengan bimbingan dan arahan dari guru, siswa menanyakan berbagai ungkapan memaparkan jati diri orang disekitar kita.
Mengeksplorasi
·         Siswa memaparkan jati diri orang disekitar kita dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·         Siswa membandingkan ungkapan memaparkan jati diri orang disekitar kita yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·         Siswa membandingkan antara ungkapan memaparkan jati diri orang disekitar kita dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa
·         Siswa memperoleh balikan (feedback ) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
Mengkomunikasikan
·         Siswa memaparkan jati diri orang disekitar kita dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·         Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri orang disekitar kita dalam jurnal belajar.
Penutup (10 menit)
·            Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
·            Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·            Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
·            Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa,
·           Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian                           : Tulis dan lisan
2. Bentuk instrumen                                 :
·         Siswa mengidentifikasi ungkapan pemaparan jati diri
·         Siswa mengucapkan ungkapan pemaparan jati diri
·         Siswa menyusun ungkapan pemaparan jati diri
·         Siswa menggunakan unsur kebahasaan yang benar ketika menggunakan ungkapan pemaparan jati diri
Rubrik Penilaian
Penilaian dari Aspek Pengetahuan (Knowledge)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Tujuan Komunikatif
sangat memahami
5
Memahami
4
cukup memahami
3
kurang memahami
2
tidak memahami
1

2

Keruntutan Teks

struktur teks yang digunakan sangat runtut

5
struktur teks yang digunakan runtut
4
struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
struktur teks yang digunakan kurang runtut
2
struktur teks yang digunakan tidak runtut
1
3
Pilihan Kosa Kata
sangat variatif dan tepat
5
variatif dan tepat
4
cukup variatif dan tepat
3
kurang variatif dan tepat
2
tidak variatif dan tepat
1
4
Pilihan Tata Bahasa
pilihan tata bahasa sangat tepat
5
pilihan tata bahasa tepat
4
pilihan tata bahasa cukup tepat
3
pilihan tata bahasa kurang tepat
2
pilihan tata bahasa tidak tepat
1





Penilaian dari Aspek Sikap (Attitude)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
5
Percaya Diri (Confidence)
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
5
Sering menunjukan sikap percaya diri
4
Beberapa kali menunjukan sikap percaya diri
3
Pernah menunjukan sikap percaya diri
2
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
1

7

Kerja Sama (Team Work)

Sangat sering menunjukan sikap kerja sama

5
Sering menunjukan sikap kerja sama
4
Beberapa kali menunjukan sikap kerja sama
3
Pernah menunjukan sikap kerja sama
2
Tidak pernah menunjukan sikap kerja sama
1










Penilaian dari Aspek Keterampilan (Skills)
Kemampuan Menulis (Writing Skill)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Originalitas Penulisan
Sangat original
5
Original
4
Cukup original
3
Kurang original
2
Tidak original
1
2
Kesesuaian isi dengan judul
Isi sangat sesuai dengan judul
5
Isi sesuai dengan judul
4
Isi cukup sesuai dengan judul
3
Isi kurang sesuai dengan judul
2
Isi tidak sesuai dengan judul
1
3
Keruntutan Teks
Keruntutan teks sangat tepat
5
Keruntutan teks tepat
4
Keruntutan teks cukup tepat
3
Keruntutan teks kurang tepat
2
Keruntutan teks tidak tepat
1
4
Pilihan Kosa Kata
Pilihan kosa kata sangat tepat
5
Pilihan kosa kata tepat
4
Pilihan kosa kata cukup tepat
3
Pilihan kosa kata kurang tepat
2
Pilihan kosa kata tidak tepat
1
5
Pilihan Tata Bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
Pilihan tata bahasa tepat
4
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
Pilihan tata bahasa kurang tepat
2
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1
6
Penulisan Kosa Kata
Penulisan kosa kata sangat tepat
5
Penulisan kosa kata tepat
4
Penulisan kosa kata cukup tepat
3
Penulisan kosa kata kurang tepat
2
Penulisan kosa kata tidak tepat
1

7

Kerapihan Tulisan

Tulisan rapih dan mudah terbaca

5
Tulisan tidak rapih tetapi mudah terbaca
4
Tulisan rapih tetapi mudah terbaca
3
Tulisan tidak rapih dan sulit terbaca
2










Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan (Pronounciation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
2
Intonasi (Intonation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
3
Kelancaran (Fluency)
Sangat lancer
5
Lancar
4
Cukup lancer
3
Kurang lancer
2
Tidak lancer
1
4
Ketelitian (Accuracy)
Sangat teliti
5
Teliti
4
Cukup teliti
3
Kurang teliti
2
Tidak teliti
1





Mengetahui,                                                                                  Semen,    Oktober 2014  
            Guru Pamong                                                                                Mahasiswa PPL


                    
..............................................                                                        ........................................



STUDENT WORKSHEET

Task 1
Read the text and answer the question correctly!
            Hello, let me to introduce myself. My name is Brian, B-r-i-a-n. I live at Mojoroto number 30. I have a brother. He is Brandon, B-r-a-n-d-o-n. I have a sister. She is Maria, M-a-r-i-a. My father is Mr. Raharja. He is a Doctor. He always helps sick people. He works in the hospital. My mother is Khusnul. She is a housewife.
1.      What is the writer’s name?
2.      Where does Brian live?
3.      Does he have a brother or a sister?
4.      Who is he/ she?
5.      Who is his father’s name?
6.      What is his father’s job?
7.      Does he help sic people?
8.      Where does his father work?
9.      Who is his mother’s name?
10.  What is his mother’s job?

Task 2
Make your own identity and tell to your friends in front of the class!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar